‘Melahap’ Lagu Bahasa Inggris untuk Belajar


by : Galiuh Ginanti (English Cafe)
Saya nggak bosan-bosan deh ngepost tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan cepat, karena saya ingin kalian yang membaca juga akan merasa cocok dengan metode yang saya bagikan (kalau nggak cocok bisa dishare kok disini :)). Berhubung media favorit saya untuk belajar dari dulu sampai sekarang adalah lagu-lagu berbahasa Inggris, jadi saya akan bahas lagi bagaimana lagu barat bisa meningkatkan keempat aspek yang harus saya kuasai. Melalui lirik lagu, sayajuga dapat mengetahui bahasa yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Pada umumnya, lirik lagu-lagu pop barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar.
Ingat, tips ini hanya untuk kalian yang merasa cocok dengan metode pembelajaran sambil mendengarkan lagu. Jika kalian merasa lagu tidak dapat membuat kalian berkonsentrasi, maka (sekali lagi), gunakanlah metode belajar yang tepat agar hasilnya pun bisa maksimal.
RULE #1; Oke, step pertama adalah kalian harus menemukan lagu yang kalian suka. Ketika kalian telah menemukan lagu favorit, tentu kalian akan sering mendengarkan lagu tersebut. Jangan sampai kalian memaksakan memilih genreyang berbeda hanya karena lagu tersebut memiliki lirik yang mudah atau liriknya sedikit. It won’t help, trust me.
RULE #2; Lagu favorit, udah. Sekarang apa? Lagu tentu berfungsi untuk diputar dan didengarkan, ya… sering-seringlah kalian mendengarkannya, hehehe.
RULE #3; Langkah selanjutnya adalah, salinlah lagu tersebut kata demi kata menggunakan kemampuan pendengaranmu sendiri. Setelah selesai, kalian cek apakah tulisan lirik yang kalian buat itu sudah benar. Secara nggak langsung, kalian sudah belajar writing daaaan… ini saatnya kalian mencoba untuk menambah vocabulary kalian. Siapkan kamus, dan temukan arti kata pada lirik yang tidak kamu ketahui artinya. Biasanya, saya akan selalu ingat kata sulit yang telah saya dapatkan artinya dari lagu favorit saya tersebut, karena saya akan memutar lagu tersebut berulang kali sampai bosan. Jadi resiko untuk lupa tentu akan sangat kecil, malahan saya akan memahami makna lagu itu.
RULE #4; Belajarlah mengucapkan dengan benar atau boleh sambil menyanyikan lirik lagu yang kalian sukai. Jangan hiraukan suara cempreng yang kalian punya :p Untuk hasil maksimal, ulangilah sesering mungkin di kamar mandi sekaligus latihan pronunciation Semankin sering kalian mendengarkan lagu tersebut maka semakin baik kemampuan mengucapkan lirik lagunya.
RULE #5; The last, tinggal menyanyikan lagu itu aja deh. Nilai speaking udah pasti di tangan. Minta orang lain menilaimu pada saat mengucapkan kata-kata yang sudah kalian catat, jangan pada saat menyanyi, kecuali kalian merasa suara kalian bagus, hehe.
4 aspek tentu sudah akan kalian latih dari hanya sebuah lagu favorit. Bermanfaat banget kan cara ini.. Kalian bisa belajar mendengarkan, menulis, berbicara dan membaca dalam waktu yang bersamaan. Selamat mencobaaaa~
source link : http://www.englishcafe.co.id/lagu-bahasa-inggris-untuk-belajar/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faghfirli Yaa Rabb

Mewujudkan Keluarga Qur'ani