Kita Butuh Kontemplasi Untuk Kembali Mengenal Diri dan Menikmati Hidup


Beberapa hari ini, langit terasa kelabu.. Biru sembilu.. 41 Hari menjelang Ramadhan, 'Hilal' belum tampak. Bukan.. Bukan itu..Tapi rasanya kekosongan kehilangan sesuatu yang menghidupkan. Nikmat iman..

Kemarin, kita kehilangan seorang yang mencerahkan melalui guyonan cerdasnya, om Pepeng (Allahu yarham). Hari ini, kita kembali kehilangan sosok yang dunia kehilangan tetapi langit merindukan perjumpaannya.. Ust. Muzzammil (Allahu yarham), guru tahsin-tahfizh yang telah mencetak ribuan ahlul Quran.. #tears

Saya sampe kehilangan makna diri. Kepergian om Pepeng kemarin menyentak jiwa saya. Saya tidak mengenalnya, belum pernah bertatap muka tapi seperti ada sesuatu yang mendalam saat membaca ungkapan ust.Anis Matta tentangnya.. Masyaa Allah.. Mutiara yang tersimpan. Orang-orang shalil begitulah tabiatnya. Tanpa gembor ke permukaan, berada di dekat dan melihat perilakunya sudah menyentuh qalbu.. Ada hikmah, ada pelajaran, ada kemilau iman disana..

Saya terpatung, membisu.. Beliau yang diuji sedemikian hebatnya masih membuka halaman SYUKUR yang lebar disisi hati & pikirannya. Menikmati Apa saja yang Allah kasih.. Hasbunallah.. #tears

Lalu ust. Muzzammil (Allahu Yarham), cuma sekali berjumpa. Saat itu, aku duduk paling depan menyimak kuliah umumnya di masjid Al-Hijr Bogor untuk keperluan Halaqah Quran. 6 tahun berlalu.. Mendapat kabar pagi ini beliau telah berpulang dengan begitu mudah, 2x bersin lalu berakhir.. Masya Allah.. Beliaulah adalah salah satu Grand Syaikh Halaqah Tahsin-Tahfizh di negeri ini. Buku karangan beliau dijadikan rujukan belajar, tak terhitung berapa banyak anak-didiknya..

Lagi.. Lagi mematuk diri.. Apa AHSANU 'AMAL saya..?

Time is running. Kematian kian dekat.. Kapan pun bisa terjadi sesuai ketetapanNya Yang Maha Ghaib..
Tlah dimanakah kita..?

Kita butuh sendiri.. Menyepi dari kesesakan dunia dan gula-gulanya..
Semoga Allah memberikan maaf atas segala khilaf & salah..
Allah masih beri kesempatan untuk memperbaiki.. Untuk kembali kepadaNya.. Untuk kembali dekat kepadaNya..
Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahla wa Anta taj 'alul hazna idza syi'ta sahla...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mewujudkan Keluarga Qur'ani

Resensi 'Strategi Pemenangan Pemilu AKP di Turki dan PKS di Indonesia (Studi Perbandingan) '