Belajar Bahasa Arab Secara Online

Bersama Ustadzah Sri Mulyana




إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.


Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.


💐Pekan Ini in syaa Allah kita akan membahas tentang Ismul Isyaroh (kata penunjuk)💐

🍃Dalam unsur penyusun kalimat Bahasa Arab ada yg dinamakan ISIM (Kata Benda), pada pertemuan ini in syaa Allah kita akan membahas salah satu dari jenis ISIM, yaitu Ismul Isyaroh (Kata Penunjuk).
🍃Kata Penunjuk ada untuk benda yg dekat dan untuk yang Jauh
🍃Kata Penunjuk untuk yang dekat ada Haadzaa dan Haadzihi (Ini),, penggunannya untuk benda Mufrod/tunggal (satu)..
🍃Dalam Bahasa Arab, benda dibedakan menjadi 2 jenis (Mudzakkar "Laki2" dan Muannats "Perempuan"
🍃Hadza👉Ini untuk Mufrod Mudzakkar (Tunggal Laki2)

🍃Hadzihi👉Ini untuk Mufrod Muannats (Tunggal Perempuan)


Lalu bagaimana cara membedakan benda yang berjenis Mudzakkar sehingga menggunakan kata tunjuk Haadzaa dan Muannats sehingga menggunakan kata tunjuk Haadzihi..?

Haadzaa untuk benda laki2 tunggal
Haadzihi untuk benda perempuan tunggal

Membedakan Mudzakkar dg muannats yg sering adalah penggunaan Ta' Marbuthoh ة (pada muannats/prempuan) di akhir kata, seperti Saa'atun سا عة (jam)

 Muannats : Saa'atun, Mimsaahatun, Baqorotun, dll
Termasuk juga anggota tubuh yg berpasangan termasuk Muannats, spt hidung, mata, tangan.

Namun ada yg unik.. Dalam penyebutan nama orang. Nama 'Ali umumnya laki2 ya, pakai haadzaa,, nah kalau namanya Maisaroh, ini di arab haadzaa, tp di Indonesia haadzihi ☺
Karena di Indonesia nama Maisaroh diberikan kpd perempuan.. Padahal kl kita merujuk sejarah, Maisaroh adalah nama pemvantunya Bunda Khadijah RA yg merupakan seorang laki-laki. Kadang berbeda negara berbeda pula sebutannya. hihi..


®Untuk benda dekat (2) ada haadzaani (lk) dan haataani (pr)


®Untuk benda tunggal jauh :
dzaalika dan tilka

---

Semoga bermanfaat.. Materi ini dapat dari Grup Kajian Alquran Online via WA.. kalo mau join chat aja ya aku-nya..  insya Allah di follow up.. ^_^

Salam hangat,

..Agatha Rizky..





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faghfirli Yaa Rabb

Mewujudkan Keluarga Qur'ani