Yang Lebih Utama Dari Doa
๐น๐น๐น๐น๐น๐น๐น๐น๐น
Ada yang menjadi pertanyaan seputar doโa Arafah:
Rasulullah pernah bersabda: Sebaik-baik doโa adalah doโa hari Arafah, dan sebaik-baik doโa yang aku baca dan dibaca oleh nabi-nabi sebelumku adalah:
ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุงูููููู ููุญูุฏููู ููุง ุดูุฑูููู ููููุ ูููู ุงูู ููููู ูููููู ุงูุญูู ูุฏู ูููููู ุนูููู ููููู ุดูููุกู ููุฏููุฑู
Pertanyaannya: Yang disebutkan Rasulullah ini adalah zikir, tidak terdapat doโa atau permintaan di sana. Tapi kenapa Rasulullah menyebutnya itu doโa?
Pertanyaan seperti ini juga pernah ditanyakan oleh Husain bin Hasan al Marwazi kepada Sufyan bin โUyainah, lalu beliau menjawab:
โDia memang zikir, tidak terdapat di dalamnya doโa. Akan tetapi Nabi pernah bersabda dalam sebuah hadits Qudsi yang berasal dari firman Allah: โSiapa yang sibuk dengan mengingat-Ku dari meminta kepada-Ku, akan Aku beri sesuatu yang lebih utama dari pada yang Aku berikan kepada orang yang memintaโ.
Kemudian beliau menambahkan dengan sebuah syaโir yang dilantunkan oleh Umayyah bin Abi Shalt untuk memuji Abdullah bin Judโan:
ุฃุฃุฐูุฑ ุญุงุฌุชู ุฃู ูุฏ ููุงูู โฆโฆ.. ุญูุงุคู ุฅู ุดูู ุชู ุงูุญูุงุก
ุฅุฐุง ุฃุซูู ุนููู ุงูู ุฑุก ููู ูุง โฆโฆโฆ.. ููุงู ู ู ุชุนุฑุถู ุงูุซูุงุก
Artinya kira-kira begini:
โApakah perlu aku menyebutkan kebutuhanku, atau rasa malumu sudah cukup bagiku. Kamu sungguh orang yang mempunyai sifat pemalu.
Apabila suatu hari seseorang memujimu, cukuplah baginya pujian itu sebagai pemaparan terhadap apa yang ia inginkan darimuโ.
Maksud syaโir ini adalah:
Suatu kali Umayyah bin Abi Shalt โ tokoh masyarakat dari daerah Thaif di zaman jahiliyyah โ mendatangi Abdullah bin Judโan โ salah seorang tokoh Quraisy yang sangat terhormat, yang sangat terkenal dengan kedermawanannya โ untuk mengutarakan keinginannya minta bantuan dana. Tapi dia merasa sangat sungkan untuk mengungkapkannya secara terus terang.
Karena ia seorang yang sangat mahir dalam bersyaโir, ia ungkapkan dalam bentuk bait-bait syaโir yang mengandung pujian. Di akhir syaโirnya itu ia mengatakan โcukuplah syaโir pujian ini sebagai ungkapan isi hatiku yang sebenarnya atas apa yang aku inginkan. Tidak usahlah aku harus berkata terus terang. Aku malu untuk mengungkapkannya, sementara kamu adalah orang yang sangat cerdas untuk memahami apa isi hatiku yang tergambar pada ungkapan syaโir-syaโir ku iniโ.
Imam Sufyan bin โUyainah melanjutkan penjelasannya:
Ini adalah makhluk, ketika ia disifati sebagai orang yang sangat dermawan cukup dengan pujian sebagai ungkapan meminta kepadanya. Apalagi kepada Allah Yang Maha Pencipta lagi Maha Pemurah.
Jadi, sekalipun zikir pujian kepada Allah itu tidak mengandung doโa, tapi kalimat itu lebih manjur dari pada doโa sebagai ungkapan apa yang kita inginkan kepada Allah yang Maha Mendengar doโa hamba-Nya.
Hal itu dikuatkan dengan sebagian doโa-doโa yang diajarkan Allah dalam al Qurโan, tidak ada mengandung permintaan, tapi hanya ungkapan pengaduan atau semacam laporan, di antaranya:
๐น1. Kita lihat doโa ayahnda kita Nabi Adam dan Ibunda Siti Hawa ketika bertaubat dari keterlanjurannya memakan buah terlarang:
ููุงูุง ุฑูุจููููุง ุธูููู ูููุง ุฃูููููุณูููุง ููุฅููู ููู ู ุชูุบูููุฑู ููููุง ููุชูุฑูุญูู ูููุง ูููููููููููู ู ููู ุงููุฎูุงุณูุฑูููู
โKeduanya berkata: โYa Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugiโ. (Al Aโraf: 23)
๐น2. Doโa Nabi Ayyub memohon kesembuhan dari penyakitnya:
ููุฃูููููุจู ุฅูุฐู ููุงุฏูู ุฑูุจูููู ุฃููููู ู ูุณูููููู ุงูุถููุฑูู ููุฃูููุชู ุฃูุฑูุญูู ู ุงูุฑููุงุญูู ูููู. ููุงุณูุชูุฌูุจูููุง ูููู ููููุดูููููุง ู ูุง ุจููู ู ููู ุถูุฑูู ููุขุชูููููุงูู ุฃููููููู ููู ูุซูููููู ู ู ูุนูููู ู ุฑูุญูู ูุฉู ู ููู ุนูููุฏูููุง ููุฐูููุฑูู ููููุนูุงุจูุฏูููู.
dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: โ(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayangโ.
Maka Kami pun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah. (Al Anbiya': 83-84)
Dalam ayat ini Nabi Ayyub tidak ada meminta dengan bahasa langsung, beliau hanya mengadukan apa yang menimpa dirinya.
๐น3. Doโa Nabi Yunus ketika berada dalam perut ikan:
ูุง ุฅููููู ุฅููุง ุฃูููุชู ุณูุจูุญูุงูููู ุฅููููู ููููุช ู ููู ุงูุธููุงููู ูููู
โTidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalimโ (Al Anbiya': 87)
Kemudian Rasulullah menguatkan bahwa ungkapan ini adalah doโa:
โTidak seorang pun di antara orang muslim yang berdoโa dengan doโa ini dalam suatu perkara melainkan Allah akan mengabulkan permintaannya ituโ. (HR. Turmudzi, Nasa-i dan Hakim)
๐น4. Nabi Musa ketika mengungkapkan kefakiran dan kebutuhannya kepada makanan dan orang yang mengayomi, dia bermunajat:
ุฑูุจูู ุฅููููู ููู ูุง ุฃูููุฒูููุชู ุฅูููููู ู ููู ุฎูููุฑู ูููููุฑู
โYa Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadakuโ. (al Qashash: 24)
Di samping itu semua, saya mendapatkan pelajaran dari anak saya Abdullah yang kalau minta sesuatu tidak pernah menggunakan bahasa โmintaโ secara terus terang. Kami tidak pernah mengajarinya bicara seperti itu, tapi sepertinya dia mendapatkan bahasa halus itu secara fitrah.
Kalau dia menginginkan sesuatu selalu menggunakan bahasa โtaโridhโ atau sindiran. Seperti: โMobil-mobilan ini bagus ya, bi?โ, Teman Abdullah si Fulan punya mainan seperti ini, biโ, Abi ada rezki untuk beli buku baru?โ
Yang membuat saya tidak berdaya dan perasaan ingin memenuhi segera apa yang ia inginkan kalau dia berkata seperti ini: โ Abi, teman-teman Abdullah yang lain makan pizzaโ,โ Abdullah saja yang tidak makan ayam goreng, biโ.
Ini adalah ungkapan seorang manusia kepada sesama manusia yang kasih sayangnya sesama mereka berasal dari karunia Allah. Bagaimana kasih sayang Allah yang menciptakan manusia itu yang bersifat dengan Maha Penyayang, tentu Dia akan memperkenankan lebih cepat dari pada itu. Cuma kita manusia saja yang bersifat dengan ketergesa-gesaan.
Lihat lah bagaimana Allah memperkenankan doโa dari mulut hamba-Nya Nabi Ayyub yang sangat sabar ketika beliau mengadukan penyakitnya. Ketika itu Allah menyembuhkan beliau secara instran, tanpa proses alami yang biasanya dilalui manusia, yang sembuh dari penyakit secara berangsur-angsung. Apalagi kalau penyakit itu sudah mengidap selama 18 tahun.
๎Ya Allah, jadikanlah lidah kami selalu basah dengan mengingat-Mu.๎
(Zulfi Akmal, Al-Azhar Cairo)
Komentar
Posting Komentar