Ijah & Mail



Di suatu negeri hiduplah dua orang anak manusia yg bernama Ijah & Mal (read : ma-il). Mereka masih muda dan bersemangat. Dimulai dari pondok keluarga Ijah.. :
"Jah.. Ijah.. ngapain lo bengong, sini bantuin nyak angkat cucian!" ujar seorang wanita setengah baya kepada anak semata wayangnya.
"He..he.. Nyaak.. bisa aje.. Gw GALAU nyaaak!" teriak Ijah ga kalah semangat menyambut panggilan ibunya.
"Lo galau kenape, jah?!" sontak ibu sambil ngelempar cucian (kaget).
"Gini nyak, galau nih gw. diantara 4 sohib cowok gw, milih yg mana ya??"ungkap ijah polos.
"Ajib..! Lo udah mo nikah jah? Alhamdulillah ya Allah, akhirnya gw bakal dapat mantu.. " histeris haru sang ibu sambil melanjutkan curahan hatinya, "Nah jah.. Lo pilih dah yg paling cakep agamanye dan akhlaqnye paling ngademin. Kayak babe lo, ga banyak gaya tapi tokcer bisa ngidupin nyak dengan penuh cinta dan tanggung jawab. "
"hmm..." ujar Ijah.
"Jah.. Mikir.. Kite nikah utk ibadah bukan begaya. Urusan rezeki, Allah yg ngatur dah.. Lo ga usah galau-galauan lagi. Kalo perlu, istikhoroh sono. Tar babe, nyak yg ngabarin. " semangat ibu mendukung Ijah.
"hmm.. Nyak, gimana gw ga galau ye. Mereka cakep semua agama &subhanallah banget akhlaqnye.. Badan gw sampe panas dingin nyak tiap kali berpapasan ama mereka.." jabar Ijah sambil mengelap keringat grogian.
"Jadi ape yg lo galauin Jah..?" tanya ibu keheranan.
"Anu nyak.. anu.. itu... hmm.. Mereka kagak ade yg mau ma gw , nyak.." ungkap Ijah akhirnya dengan tawa mengembang.
ibu : #nabokCucian
:D

-----

"il... Mail.. Lo mandiin dulu dah ini kambing. Babe mo hajatan dulu ke sebelah. Ga enak ma Mpok Ina, tiap kali hajatan gw jarang dateng ye." Pinta Bapak ke Mail sambil menyodorkan kambing kesayangannya.
"Iye Be.. " jawab Mail pelan.
Beberapa waktu kemudian, Bapak berjalan keluar rumah menuju ke rumah Mpok Ina. Tiba-tiba..
"Be..! Menurut babe.. Asik ga punya mantu shalihat, cakep, tajir, cerdas lagi..!? Abis itu be, si mantu kagak nape tinggal ame kambing eh maksud gw kagak nape-nape ama kambing.?" Mail berteriak menghentikan Bapak dengan pertanyaan bertubi.
Bak kena siram duit dari langit, sontak Bapak girang dan berkata, "Alhamdulillah... Bukan lagi mau Babe, malah demen Il.. Anak siape yg lo maksud? Babe siap pagi ini ngelamarin lo ke rumahnye.!"
"hehe.. alhamdulillah kalo gitu Be.. Mail legah.." ungkap Mail seraya menyunggingkan senyum malu-malu.
"Iye.. Siape die il..? Lo jangan minder gitu nape, Keluarge lo ni ye sejak jaman Engkong lo masih idup kagak pernah minder ame siape aje. Lo tanya dah ama Nyak lo gimana Babe dg berani kayak Samson ngelamar Nyak lo.."jelas Bapak dg bangga.
"Nah itu die Be.. Orang yg gw maksud itu calon bini temen gw Be, si Diki.. Gw ngebayangin enak banget Diki dapet calon  Bini begituan.."ungkap Mail polos
"Ya Allah il.. Sejak kapan gw punya anak sebegininye. Lo kebanyakan tidur kali Il..Mulai sekarang ni ye, tiap adzan, lo kagak boleh ade di rumah lagi dah. Lo pegi ke mushola sono, belajar ngaji ame Ustadz Jaki! Perbaikin diri baru ngomongin bini. " histeris Bapak kepada Mail. #geleng2


***

Joke disela baca. happy nite! #ngirup teh
Baturaja, Agatha. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faghfirli Yaa Rabb

Mewujudkan Keluarga Qur'ani